Home / Tips / Cara Cerdas Mengelola Gaji Bulananmu

Cara Cerdas Mengelola Gaji Bulananmu

Cara Cerdas Mengelola Gaji Bulananmu
Source: http://techbeacon.com/

Bagaimana nih kondisi dompetmu sekarang? Sudah amblas buat beli alat make-up atau buat beli jam idaman? Ini baru awal bulan lho, masak kamu udah seboros itu?. Apakah kamu juga pernah merasa kalau sudah bekerja selama 1 tahun lebih tapi saldo rekeningmu segitu-gitu aja?.

Nahhhh, sebaiknya kamu harus mulai mampu mengelola gaji bulananmu dengan baik, agar kamu tidak akan pernah mengeluh lagi atas jumlah gaji yang kamu terima tiap bulan. Sebenarnya, semua akar permasalahan dalam urusan finansial kamu bukan karena rendahnya pendapatan kamu tiap bulan, tapi buruknya pengelolaan kamu. Pun hal tersebut harus dibarengi dengan pola pikir bahwa kebutuhan harus didahulukan daripada keinginan, agar kamu mampu mengontrol dan mengkomparasi benda-benda yang akan kamu beli.

Tanpa perlu bermuqodimah panjang lebar, saya akan segera membagikan tips dan trik agar kamu mampu mengelola gaji bulananmu dengan baik. Tips dan trik yang akan saya bagikan bisa langsung kamu praktekkan setelah membaca tulisan saya ini. Jadi, saya harap kalian membacanya secara perlahan-lahan untuk memahami secara detil dan keseluruhan apa yang akan saya tuliskan di bawah ini.

Semisal gaji yang kamu terima setiap bulan sejumlah Rp 3.000.000,-. Kamu harus membuat pos-pos untuk menaruh sebagian gajimu agar pengeluaran bisa terkontrol.

POS 1 : BELAJAR 10%

Belajar
Source: https://www.realgap.co.uk/

Belajar. Kamu jangan pernah berhenti untuk belajar agar kamu bisa menjadi manusia yang lebih berkualitas. Dengan kualitas yang lebih baik, otomatis bisa mengangkat derajat dan gaji bulananmu setiap bulan. Belajar bisa di mana saja, kamu bisa ikut kursus atau melanjutkan studi untuk mendapat gelar Strata 2.

Oleh karena itu, saya menyarankan kepada kamu untuk menyisakan 10% dari gaji bulananmu.

Rp 300.000,-

POS 2 : INVESTASI 10%

Investasi
Source: http://www.opma-oacs.com/

Banyak sekali jenis investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki dan sesuai dengan kenyamananmu. Ada jenis investasi yang berupa barang seperti emas, tanah, properti, barang antik, dan lain-lain. Apabila kalian tidak mau ribet, kalian bisa mencoba investasi Reksadana. Investasi sangat berguna bagi masa depan kamu, karena uang bekerja untuk kamu. Hasil dari investasi ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan di masa akan datang atau di masa-masa tak terduga. Bisa juga kamu simpan untuk pendidikan anak atau asuransi untuk keluarga kamu. Jadi, kamu tidak akan merasa berat hati apabila saya suruh menyisakan 10% dari gaji bulananmu.

Rp 300.000,-

POS 3 : PENGELUARAN 5%

Pengeluaran
Source: https://tbmwomenintheworld.wordpress.com/

Pengeluaran yang saya maksud ini bukan pengeluaran bulanan, namun pengeluaran yang kamu belanjakan untuk jangka waktu yang lumayan lama. Seperti contohnya, barang-barang sekunder yang benar-benar kamu butuhkan dan bisa menunjang segala aktivitasmu menjadi lebih efisien. Jadi, kamu bisa menabung secara berkala dengan menyisakan 5% dari gaji bulananmu.

Rp 150.000,-

POS 4 : BERMAIN 10%

Bermain
Source: http://www.visitsequoia.com/

You work hard, you must play hard. Kamu harus melakukan penyegaran untuk diri kamu sendiri agar tidak stres lalu darah tinggi dan komplikasi. Uang yang kamu sisakan untuk bermain bisa kamu siasati dengan menimbunnya dahulu untuk kamu gunakan liburan di akhir tahun bersama keluargamu. Dengan bermain, kamu akan bisa merasakan bahwa waktu ini sungguh sangat cepat dihabiskan dan membuat kamu stres apabila kamu hanya berambisi mengumpulkan pundi-pundi uang.

Sisakan 10% saja untuk membuat kamu lebih rileks.

Rp 300.000,-

POS 5 : MEMBERI 5%

Memberi
Source: https://seeker401.wordpress.com/

Nah, kamu jangan sampai lupa untuk bersedekah. Pos ini bisa kamu keep hingga akhir bulan apabila tidak ada acara-acara nikahan atau menyantuni orang-orang kesusahan yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang. Ingat! Sedekah tidak akan membuatmu kekurangan, namun akan banyak sekali berkah yang kamu dapat.

Uang yang perlu kamu sisakan cuma 5% kok.

Rp 150.000,-

POS 6 : BELANJA BULANAN 60%

Belanja Bulanan
Source: http://trumarkhomes.com/

Pos ke-6 ini, pos yang paling krusial. Kamu harus menyisakan maksimal 60% untuk operasional kamu sehari-hari, entah kamu masih bujangan atau sudah berkeluarga. Kamu harus bisa bijak menggunakan barang-barang primer yang akan kamu konsumsi setiap bulan.

Jadi, ingat-ingat ya maksimal 60% dari gaji bulananmu, lebih baik lagi kamu bisa lebih irit.

Rp 1.800.000,-

 

Bagaimana nih? Kamu bisa langsung mempraktekkan ‘kan? Kamu juga bisa mengutak-atik lagi pos-pos sesuai dengan kenyamananmu. Agar semuanya berjalan lancar, sebaiknya kamu membedakan rekening tabunganmu menyesuaikan dengan pos-pos yang sudah kamu buat. Apabila kamu sudah terbiasa dengan sistem yang kamu rancang tersebut, tidak akan ada lagi rasa kalau pengahasilanmu terlalu sedikit. Saatnya kelola kuanganmu dengan cerdas.

Learn before you get. Plan before you spend. Wait before you buy.

– Merry Riana –

Komentar

About Bhagas Dani

Ojo dumeh. Pseudo-analis sok asyik.

Check Also

Jangan Boros jadi Karyawan Muda

Kalian sekarang sudah menjadi working class? Sudah menyuruh orang tua kalian untuk menghentikan mengirim uang …

5 comments

  1. Sebenarnya, semua akar permasalahan dalam urusan finansial kamu bukan karena rendahnya pendapatan kamu tiap bulan, tapi buruknya pengelolaan kamu.Jadi kuncinya ada pada diri kita sendiri ya?

    • Iyap, benar sekali bos. Kita perlu bijaksana mengelola gaji bulanan. Yang terpenting prioritaskan kebutuhan terlebih dahulu baru keinginan yang bersifat sekunder ataupun tersier.

      Btw, makasih ya dah mampir dan baca tulisan saya.

  2. aku mahasiswa yang baru lulus tahun 2015 lalu. di tahun 2016 ini aku ada niat mau melanjutkan study ku ke pascasarjana. nah, berhubung aku ada cicilan rumah dan asuransi yang cukup besar, aku jadi kesulitan untuk mengatur pengeluarannya. selalu gaji yang aku peroleh hanya mampu bertahan di minggu kedua atau ketiga setelah gajian. kira2 gimana yah menyiasatinya? gaji aku 3.500.000 sebulan. trims

    • Perlu banyak pertimbangan besar mas. Kamu perlu memprioritaskan yang mana dulu, mungkin kamu bisa tunda dahulu untuk melanjutkan studi pascasarjana karena melihat kondisi finansialmu yang masih mepet. Tetapi berhemat saja tidak cukup mas, mungkin kamu perlu mencari uang tambahan di luar untuk menunjang pengeluaranmu.

      Karenan berhemat saja tidak akan membuat kamu menjadi lebih mapan, perlu adanya gebrakan besar dalam hidup kamu agar kondisi finansialmu benar-benar mapan.

      Makasih, semoga bermanfaat saran dari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *